• Selasa, 6 Desember 2022

23 Narapidana Maling Uang Rakyat Bebas Bersyarat, Mahfud MD: Pemerintah Tidak Bisa...

- Kamis, 8 September 2022 | 13:40 WIB
Sedikitnya 23 narapidana kasus maling uang rakyat (korupsi) mendapat putusan bebas bersyarat secara serentak pada Selasa, 6 September 2022. (pixabay.com)
Sedikitnya 23 narapidana kasus maling uang rakyat (korupsi) mendapat putusan bebas bersyarat secara serentak pada Selasa, 6 September 2022. (pixabay.com)

JEJAK SULSEL - Sedikitnya 23 narapidana kasus maling uang rakyat (korupsi) mendapat putusan bebas bersyarat secara serentak pada Selasa, 6 September 2022.

Puluhan narapidana tersebut menghirup udara bebas setelah menerima program pembebasan bersyarat dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Pembebasan 23 narapidana korupsi tersebut menjadi polemik di tengah masyarakat karena dinilai terlalu meringankan hukuman para koruptor.

Baca Juga: Heboh Azwar Anas dicap menteri mesum hingga trending di twitter, Berikut sepakterjang dan profil MenpanRB

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menjelaskan keputusan pembebasan bersyarat terhadap puluhan napi koruptor itu tidak bisa diintervensi pemerintah karena secara undang-undang sudah memenuhi syarat.

"Soal pembebasan bersyarat, tentu peraturan perundang-undangannya sudah secara formal memenuhi syarat; dan harus diketahui, Pemerintah tidak boleh ikut masuk ke urusan hukum kalau urusan hukuman dan membebaskan itu," kata Mahfud, Kamis, 8 September 2022..

Menurut Mahfud, keputusan hakim memberikan pembebasan bersyarat terhadap semua narapidana merupakan proses ketatanegaraan yang harus dihormati.

Baca Juga: Trending di Twitter tagar menteri mesum, Diduga menteri yang baru saja dilantik Jokowi

Sehingga, pemerintah tak bisa mengintervensi program tersebut karena sudah diputuskan oleh majelis hakim atau pengadilan.

Halaman:

Editor: A. Fendy Pranata

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X